Thursday, 16 February 2017

5 Hal yang Menyebabkan Rasa Sakit pada Tumit

 
Rasa sakit pada tumit.

Tumit adalah bagian kaki yang sangat sensitif. Sering kali banyak orang mengeluh tentang rasa sakit pada tumit. Tumit sendiri salah satu bagian dari sistem tulang pada tubuh kita.

Tulang tumit memiliki fungsi yang besar sebagai menyangga berat badan, terlebih lagi ketika kita berjalan dan berlalir.

Setiap harinya banyak orang yang merasakan sakit pada tumit, tentu saja ini dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satunya tergantung dari aktivitas kita sendir. Berikut ini adalah lima hal yang menyebabkan rasa sakit pada tumit yang dilansir dari healthy feet.



1. Peradangan pada fasia/fascia
Fasia atau fascia biasanya terdapat pada bagian bawah kaki yang melengkung. Peradangan yang dimaksud adalah jaringan ketat pada bagian tersebut. Hal ini biasanya dirasakan ketika berjalan dengan jarak yang jauh atau dengan posisi berdiri yang terlalu lama bahkan juga terasa ketika pagi hari dalam keadaan masih di tempat tidur.

2. Menggunakan sepatu baru
Sepatu baru adalah menjadi salah satu penyebab sakit pada kaki, terlebih lagi pada tumit. Biasanya menghilangkan rasa sakit saat menggunakan sepatu baru dengan menempatkan sisipan berupa busa atau suatu bahan yang nyaman, tapi percayalah itu tidak berjalan dengan baik. Jadi jika terasa sakit saat menggunakan sepatu baru secara terus menerus, lebih baik tidak memakainya lagi.

3. Kegemukan
Sakit pada tumit juga bisa disebabkan oleh tekanan yang berat atau berlebihan seperti kegemukan ditambah memiliki bentuk kaki yang lengkungan yang tinggi ataupun bentuk kaki yang datar.

4. Plantar fascitis

Plantar fascitis adalah biasanya penyebab yang khas terjadi sakit pada tumit. Plantar fascitis ini biasanya dirasakan sakit jika menekan kaki bagian dalam dari belakang tumit pada bagian bawah kaki. Hal seperti ini bisa diminimalisir rasa sakitnya dengan berolahraga agar lebih lentur.

5. Achiles tendinitis
Nyeri tumit juga terjadi berpengaruh terhadap bagian achilles tendinitis atau bursitis retrocalcaneal. Ini bisa terjadi karena cara berjalan yang membuatnya berubah karena rasa sakit pada tumit.

Dalam kasus ini lebih baik Anda tidak mengabaikan jika terjadi secara terus menerus, periksakan kebagian ahli salah satu mencegah komplikasi nyeri pada tumit.

0 komentar:

Post a comment